Jumat, 26 November 2010

Tugas 27 Nov 2010

Etika Dalam Keseharian Kita
Etika adalah suatu cara,aturan,hukum atau sesuatu yang mengikat kebiasaan seseorang. “itu menurut saya”. Dalam individu seseorang sering kali bermasalah tentang suatu etika tertentu yang menurut segelintir orang, bukan suatu hal yang menyenangkan jika kita mengikuti aturan yang ada.
            Aneh memang, tapi itulah yang terjadi dilingkungan masyarakat. Apalagi di Jakarta, bukan hal aneh jika keseharian kita selalu melihat banyak pelanggaran aturan/etika yang sebetulnya baik untuk mereka sendiri tapi kenyataanya berkata lain. Sifat egois dan individualistis mempengaruhi pemikiran manusia yang cenderung tidak memikirkan orang lain dibanding diri sendiri. Memang, sifat tersebut alami tumbuh disetiap insan manusia yang ada di muka bumi ini. Termasuk saya.
            APAKAH TIDAK BISA DIPERBAIKI? Ehm……, tampaknya sangat sulit dilakukan. Salah satu prinsip hidup saya adalah jangan menilai orang lain jika sebelum menilai diri kita sendiri. Bukan berarti pemikiran sendiri itu baik untuk semua orang, apalagi bukan orang yang kita kenal. Dalam kehidupan sehari- hari bisa diliat betapa banyak hal yang seharusnya tidak dilakukan tapi tetap dilakukan bagi sebagian orang di Jakarta. Anggap saja yang saya lakukan dijadikan contoh :
  1. Menerobos lampu merah
  2. Mengecap ketika makan
  3. Pipis sembarangan
  4. Kurang menjaga kebersihan
  5. Sering mengundur- undur waktu saat mengerjakan sesuatu
  6. Jarang mandi
  7. Ngupil sembarangan
  8. Ee dicelana kalau kepepet
Sebenarnya apa yang disebut diatas tidak harus dilakukan, tapi banyak hal yang jadi alasannya. Salah satunya adalah kurangnya kesadaran dalam diri sendiri. Manusia sering kali berfikir, kalau salah belum tentu tidak boleh dilakukan tapi yang bener juga tidak harus selalu dilakukan, jadi individu seseorang mempengaruhi segalanya.
            Sebanyak apapun aturannya pasti ada saja yang melanggar. Sebanyak apapun aturannya tetap kembali kepada individu masing- masing bagamana cara menyikapinya. Setiap orang mempunyai jalan hidupnya sendiri-sendiri,walaupun kita hidup sebagai makhluk individu tapi bukan salahnya jika kita tetap memikirkan orang-orang disekitar kita yang mungkin melakukan hal yang baik untuk sekitarnya.
            

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar