Jumat, 19 November 2010

Tugas tgl 20 Nov 2010


Kode Etik Perusahaan PT PEFINDO

Menyadari akan pentingnya peranan lembaga pemeringkatan dalam pasar uang dan pasar modal, serta dalam rangka memastikan operasional dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, PEFINDO memberlakukan Kode Etik Perusahaan sebagai berikut:

Kualitas dan Integritas Proses Pemeringkatan :

  1. PEFINDO menjamin bahwa peringkat suatu perusahaan atau surat utang dihasilkan melalui suatu analisis yang mendalam terhadap seluruh informasi yang diketahui dan relevan dengan menggunakan metodologi pemeringkatan yang telah dipublikasi.
  2. PEFINDO menggunakan metodologi pemeringkatan yang baku, sistematis dan apabila dimungkinkan hasil pemeringkatan tersebut dapat divalidasi berdasarkan data histories.
  3. dalam menilai kemampuan membayar utang suatu perusahaan, analis terlibat sejak awal proses pemeringkatan hingga pemantauan perkembangan peringkat dengan menggunakan metodologi yang konsisten.
  4. Hasil pemeringkatan dikeluarkan berdasarkan hasil keputusan Komite Pemeringkatan, buka dari keputusan analis secara individu; hasil pemeringkatan tersebut merefleksikan seluruh informasi yang diketahui dan relevan serta diyakini validitasnya oleh PEFINDO; konsisten dalam menggunakan metodologi yang dipublikasi dan didukung oleh individu maupun tim yang memiliki pengalaman dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya.
  5. PEFINDO selalu memelihara dokumen- dokumen pemeringkatan sebaik mungkin dalam rangka menjaga kesinambungan dalam pemantauan perkembangan peringkat yang telah dikeluarkan untuk jangka waktu tertentu.
  6. PEFINDO dan analisnya mengambil langkah- langkah yang akurat dalam menerbitkan suatu hasil analisis atau laporan pemeringkatan guna menghindari adanya gambaran yang salah atau menyesatkan atas informasi suatu perusahaan terutama berkaitan dengan kamampuan membayar utang atau kewajiban lainnya.
  7. PEFINDO memiliki sumber daya yang berkualitas untuk melakkukan perkerjaan pemeringkatan terhadap kemampuan membayar utang suatu perusahaan maupun terhadap perusahaan itu sendiri.
  8. dalam melakukan suatu pemeringkatan, PEFINDO membentuk Tim yang terdiri dari dua orang analis atau lebih. Orang- orang yang ditunjuk adalah yang memiliki kemampuan dan akses informasi dalam rangka menjaim kesinambungan dan menghindari bias dalam melakukan pemeringkatan. Berdasarkan hasil penilaian dan analisis, Tim pemeringkatan mengajukan peringkat perusahaan(“general obligation rating”) atau peringkat surat utang (termasuk obligasi) kepada Komite Pemeringkatan. Komite Pemeringkatan kemudian membahas dan menetapkan keputusan peringkat final.

Pemantauan dan Pemutakhiran
  1. Kecuali untuk peringkat- peringkat yang secara jelan mengindikasikan tidak akan dipantau, sekali peringkat dipublikasikan, PEFINDO akan tetap melakukan pemantauan secara berkelanjutan dan memutakhirkan peringkat dengan cara:
a.       secara teratur mengkaji ulang kelayakan utang perusahaan
b.      mengkaji ulang status peringkat dengan mengikuti perkemabngan informasi issuer sehingga menyebabkan dilakukannya tidakan pemeringkatan khusus (special review) termasuk pengakhiran suatu peringkat
c.       pemutakhiran secara berkala dan tepat waktu terhadap suatu peringkat berdasarkan hasil pemantauan ulang

  1. Pada saat hasil pemeringkatan PEFINDO menjadi informasi public, PEFINDO akan mempublikasikan kepada public bahwa peringkat perusahaan atau peringkat surat utang tersebut tidak dilanjutkan. Tetapi apabila hasil pemeringkatan dibuat hanya untuk kepentingan para nasabah perusahaan. PEFINDO hanya akan mempublikasikan ke para nasabah tersebut bahwa peringkat tidak dilanjutkan. Atas pengehtian peringkat dimaksud, PEFINDO harus mencantumkan tanggal pembaharuan peringkat terakhir dan bukti bahwa pemeringkatan tersebut tidak lagi diperbaharui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar